RSS

Jumat, 08 Mei 2009

Suramadu dan chemistry kebanggaan

Sebentar lagi, atau kira-kira akhir bulan mei ini jembatan suramadu dikabarkan bakalan selesei dibangun. jembatan penghubung antara pulau jawa dan madura tersebut bakal pasti menjadi jembatan terpanjang se Asia. Bayangin aja, panjangnya 5,438 km. Terdiri dari tiga segmentasi. Jalan akses sisi surabaya dan madura yang terhubung ke jembatan biasa di sebut dengan istilah causeway. bagian jembatan yang menghubungkan causeway dengan bentang tengah biasa di sebut dengan approach bridge. dan tentunya bagian yang paling menarik dan membuat kita berdecak kagum adalah bagian bentang tengah atau biasa disebut main span.

yap. betapa begitu menariknya bagian bentang tengah ini. teknologinya saja menggunakan teknologi tinggi yang sangat kompleks. dan bagian ini pulalah yang bakal menarik perhatian setiap orang yang melihat keindahan jembatan ini. estetika dan ekonomis teknologi cable stayed mampu menjawab kebutuhan akan pengakuan kemajuan teknologi rekayasa sipil bangsa kita. dan ini adalah jembatan bentang panjang berpenahan kabel ketiga yang dimiliki bangsa kita. setelah jembatan tonton di batam dan jembatan siak di riau.

secara teknis bagian main span jembatan ini membentang sejauh 818m, 1344 m panjang approach bridge,untuk causeway sisi surabaya dan madura sebesar 3276 m. sehingga total semuanya adalah membentang sejauh 5438 m. tak tanggung-tanggung untuk menyelesaikan mega proyek ini dihabiskan dana sebesar 4.5 T.

lalu apa hubungan antara suramadu dengan kebanggaan?
hmm...yap. tentu saja karena suramadu adalah bukti nyata kekuatan mimpi para engineer. dan dia adalah lukisan sejarah yang membentang menembus dalamnya selat madura. mengikis lalu panasnya mentari laut utara jawa. menerjang gagah kencangnya angin badai. menepis dinginnya malam di tengah lautan. memaksa jiwa lelah dan sayup mata turun ke medan laga. sehingga berdirilah dengan gagah suramadu itu. sehingga membentanglah dengan sempurna sejauh bentangan mimpi para engineer cerdas dan kuat itu. sehingga merona eloklah di ufuk senja sang cable stayed yang gagah tak kenal lelah menopang struktur bentang tengah entah sampai kapan itu.

itulah chemistry kebanggaan suramadu kita. sejauh bentangannya sejatinya ada harapan dan keyakinan yang kuat di jiwa bangsa ini. harapan dan keyakinan untuk menggapai mimpi sejauh bentangannya. menjulang tinggi setinggi pilon-pilonnya. karena kita ingin berkata pada dunia. inilah indonesia!

suramadu.dia akan senantiasa menjadi bagian terindah dari sejarah hidup kita. mengalir dalam denyut nadi bangsa kita. dan senantiasa membisikkan dengan halus, "bermimpilah Nak! karena kau pasti bisa menggapainya!begitu halus bisikkannya. tapi dibalik kehalusannya, ada energi jiwa yang dahsyat yang menjadi sumsum perjuangan. yap...sumsum perjuangan, khususnya bagi para engineer-engineer indonesia yang hebat itu. atau bagi jiwa yang merindukan pahlawan. maka belajarlah pada suramadu kita.

maka belajarlah pada suramadu kita; persandingan keindahan cable stayed berpadu pilon nan tinggi menjulang dengan kekuatan mimpi para engineer hebat itu.

terimakasih engineer suramadu, mimpi mu masih akan berlanjut. karena hari ini, aku akan menjadi bagian dari jiwamu.

0 komentar:

Posting Komentar