RSS

Selasa, 11 Maret 2008

Green FM:Radio masa depan

Dewasa ini, hampir bisa dipastikan peradaban manusia dikendalikan oleh yang namanya media. baik elektronik maupun cetak. tentunya kita sudah sama-sama tau bahwa yang namanya media apapun itu, ada kepentingan dibaliknya. adagium "man behind the media" adalah sebuah keniscayaan. sehingga, dalam perspektif analisis wacana media pun kita hampir bisa memastikan bagaimana ideologi dibalik suatu media.

Dalam konteks lokal kedaerahan di Malang, belum ada media lokal yang konsern untuk senantiasa memberikan nilai-nilai edukasi kepada masyarakat. Dan dalam konteks pemenangan wacana publik pun, belum ada organisasi islam yang bisa memainkan peran media sebagai alat utamanya. Berdasarkan pertimbangan beberapa hal tersebut di ataslah, sepertinya kita [gerakan dakwah] sudah saatnya memiliki media alternatif sebagai alat pencerdasan, pemberdayaan, dan pencerahan pada masyarakat kita. Atau bahkan lebih strategisnya nantinya diharapkan bisa menjadi alat utama pemenangan wacana publik.

Sahabatku semuanya...
Ternyata memang cita besar itu harus kita mulai wujudkan dalam kehidupan kita hari ini. dimulainya langkah yang jauh berawal dari langkah yang satu. dengan segala kerendahan hati, karena memang secara kapasitas dan kapabilitas kita [manajemen] jauh dari yang seharusnya
dimiliki. maka kita berharap dan meminta dukungan penuh dari semua sahabatku yang memiliki visi perubahan. bukan cuman dari satu golongan. siapapun ntm, kalo memiliki visi perubahan yang sama. mari kita dukung dengan sepenuhnya proses pendirian sebuah media alternatif edukatif "Radio Komunitas Green FM" di Malang ini.

Saat ini pihak manajemen masih sedang menggarap masterplan radio selama lima tahun kedepan. untuk proses perizinan kita sudah terregistrasi di KPID JawaTimur, tinggal mengikuti tahapan selanjutnya. disisi lain, kita pun sudah memulai pembangunan gedungsiaran dan produksi yang bertempat di sekitar Masjid Utsman Bin Affan.

Sahabatku semuanya..

membangun media alternatif edukatif berbasis komunitas adalah sebuah hal yang mustahil, kalo tanpa dukungan komunitas itu sendiri. Dalam hal ini, komunitas kita adalah aktivis dakwah yang berada di lokal Malang. ada banyak sekali kelemahan yang kita miliki untuk mengawal pendirian radio ini. maka dari itu, kita berharap temen2 bisa memberikan bantuannya. baik itu moril, do'a, pemikiran, tenaga, atau bahkan pendanaan. Kekhawatiran2 yang muncul, yaitu akan timbulnya "masalah" dengan adanya pendirian radio ini adalah sebuah hal yang wajar. karena mungkin cara pandangnya yang menyebabkan kekhawatiran itu muncul. tapi, untuk saat ini saya cuman ingin menyampaikan mari kita melihat sesuatu dari sudut pandang yang holistik. jangan karena "sepatu yang kita beli kekecilan, lantas kita malah memotong sebagian kaki kita bagian depannya supaya sepatu itu bisa dipakai".jangan seperti itu. tapi justru seharusnya kita menukarkan sepatu itu dengan yang lebih pas. justru yang baik adalah gmana kita memulai perubahan itu dengan "menukarkan" mindset kita dengan mindset yang lebih pas. Karena solusi tempo dulu belum tentu bisa menjawab persoalan hari ini.

wallohu a'lam walillahil izzah

salam,
erwin chairil

0 komentar:

Posting Komentar